Announcement

Collapse
No announcement yet.

Jokowi, Prabowo dan Rizal Ramli Paling Populer, Segitiga Kekuatan yang Menentukan

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Jokowi, Prabowo dan Rizal Ramli Paling Populer, Segitiga Kekuatan yang Menentukan

    RR BOWO JOK_1.jpg

    KONFRONTASI- Gejala krisis ekonomi mempengaruhi pilihan Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto menuju Pilpres 2019. Hadirnya teknokrat senior Rizal Ramli sebagai begawan ekonomi konstitusi yang kredibel, sangat berpengaruh di blantika pilpres 2019 dimana gejala krisis ekonomi terus menggumpal. Publik masih menanti apakah nanti yang terjadi adalah duet Jokowi-Rizal Ramli atau Prabowo-Rizal Ramli, semua itu masih misteri.

    Namun dalam kaitan ini, Pengamat politik Indonesian Public Institute Jerry Massie dan analis komunikasi politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio menilai mantan Menko Maritim Rizal Ramli berpeluang menyaingi Joko Widodo (Jokowi) dalam bursa calon presiden (capres) 2019. Kalau Jokowi mengajak RR berduet karena kehendak koalisi istana, maka peluang itu justru memperkuat Jokowi menuju Pilpres 2019 nanti, sebab yang dihadapi Jokowi adalah gejala krisis ekonomi akibat melemahnya rupiah dan ekonomi karena terus defisitnya transaksi nerace berjalan beberapa tahun ini..

    ''Pilpres 2019 dan gejala krisis ekonomi akan membuat Jokowi, Prabowo dan Rizal Ramli sebagai sosok yang paling Populer, sekaligus segitiga kekuatan yang menentukan, akan saling menimbang. Kondisi obyektifnya adalah merosotnya ekonomi, dan di situ faktor RR sangat krusial,'' kata Jerry Massie.

    "Rizal Ramli ini diam-diam peluang untuk menjadi capresnya tidak bisa dipandang sebelah mata karena perlahan tapi pasti publik menginginkan sosok alternatif yang berpengetahuan luas dan memiliki ide-ide 'gila' yang bersolusi saat diimplementasikan," kata Hendri Satrio saat dihubungi dari Lombok, Selasa.

    Hendri yang juga juru bicara Lembaga Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (Kedai Kopi) itu mendapati fakta yang mengejutkan bahwa survei dari lembaganya menunjukkan sosok Rizal Ramli perlahan tapi pasti mulai disukai publik karena dianggap memiliki pengetahuan luas.

    Ide-ide pria yang pernah menjabat sebagai Menko Perekonomian dan Kabulog itu dianggap menjadi kekuatan utama yang bisa menyaingi lawan petahana dalam bursa capres 2019.

    "Isu mengenai ekonomi kerakyatan masih menjadi sesuatu yang memiliki daya tarik tinggi di kalangan masyarakat dan sosok Rizal memiliki concern yang cukup dalam hal ekonomi kerakyatan sejak lama," katanya.

    Masyarakat, menurut Hendri, saat ini tampak menginginkan sosok pemimpin alternatif yang dianggap bersih dari berbagai skandal dan kasus.

    Di samping itu, masyarakat juga merindukan sosok pemimpin yang penuh dengan gagasan yang bisa memperbaiki kinerja sektor ekonomi.

    "Mereka yang disukai adalah calon pemimpin yang memiliki potensi dan kapabilitas untuk memperbaiki kinerja sektor ekonomi terutama dalam soal penurunan harga-harga. Ibu-ibu cenderung akan memilih calon seperti ini," katanya.

    Hendri sekaligus menyarankan agar para capres 2019 untuk melakukan adu gagasan agar masyarakat bisa langsung menilai dan mempertimbangkan capres terbaik pilihan mereka.

    "Saya pikir adu gagasan yang akan paling menarik perhatian adalah antara Rizal Ramli dengan Jokowi," kata Hendri.
    KONFRONTASI- Gejala krisis ekonomi mempengaruhi pilihan Presiden Jokowi  dan Prabowo Subianto menuju Pilpres 2019. Hadirnya teknokrat senior Rizal Ramli sebagai begawan ekonomi konstitusi yang kredibel, sangat berpengaruh di blantika pilpres 2019 dimana gejala krisis ekonomi terus menggumpal. Publik masih menanti apakah nanti yang terjadi adalah duet Jokowi-Rizal Ramli atau Prabowo-Rizal Ramli, semua itu masih misteri.
Working...
X